Berita

Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Mengadakan Kegiatan Peningkatan Literasi Lingkungan Untuk Upaya Kolaboratif Dalam Pengendalian Perubahan Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menggelar kegiatan peningkatan literasi lingkungan untuk upaya kolaboratif dalam pengendalian perubahan iklim. Acara yang berlangsung selama dua hari tanggal 16-17 November 2021 di hotel Swiss Bell-Inn Gajah Mada. Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dan peserta terkait lingkungan hidup.

Sebagai narasumber antara lain Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar MKG Wilayah I Medan Eridawati SE MSi,
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Zulfansyah Ali Saputra ST MEng, dan Isra' Suryati dari Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KADIN Medan Arman Chandra diwakili oleh Wakil Ketua KADIN Medan Bidang Wisata Kota dan Lingkungan hidup Syafii Salim dan Komite Tetap KADIN Medan Williem Hasli. Hadir juga Kabid Lingkungan Hidup Mantius Mendrofa dan para undangan lainnya.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar MKG Wilayah I Medan Eridawati SE MSi, dalam memaparkan fenomena perubahan iklim di Kota Medan dan sekitarnya. "Perubahan Iklim adalah berubahnya iklim yang diakibatkan, langsung atau tidak langsung, oleh aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan
komposisi atmosfer secara global serta perubahan variabilitas iklim alamiah yang teramati pada kurun waktu yang dapat dibandingkan," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Zulfansyah Ali Saputra ST M,Eng memaparkan tentang Program Kampung Iklim (Proklim). "Program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan," ujarnya.

Proklim juga untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca, memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dan meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Sementara itu Isra' Suryati dari Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU), menyampaikan makalah "KONTRIBUSI SEKTOR EMISI GAS RUMAH KACA (GRK) PERKOTAAN.

Foto Kegiatan Peningkatan Literasi Lingkungan Tahun 2021